Sebagai seorang inovator sosial, Ivan Ahda memiliki pengalaman profesional yang beragam. Memulai dari dunia kemanusiaan, Ivan banyak mengasah ketrampilannya sebagai changemaker. Area implementasi keahliannya tersebar luas dalam beberapa bidang: pengembangan manusia dan organisasi, transformasi budaya dan manajemen perubahan, komunikasi dan pengembangan program dampak sosial.  Sosok yang baru saja menyelesaikan kursus singkat mengenai corporate social responsibility di di Maastrich School of Management, beberapa kali terlibat dalam proyek konsultasi, baik untuk kementerian, pemerintah daerah, BUMN maupun perusahaan swasta. Beberapa proyek besar yang pernah dipimpinnya yaitu City Branding Kota Kediri, Social Mapping Berau, Program Anti Korupsi bersama KPK dan GIZ, hingga Transformasi Budaya Bank Indonesia.

Didorong oleh semangat pengabdian kepada almamater dan masyarakat, membuat Ivan dipercaya sebagai Head of Communication Center, Ikatan Alumni UI (ILUNI UI) (tahun 2016 – 2019), Dewan Pengawas Yayasan Kitabisa.com (2014 – sekarang), Direktur Eksekutif Forum Indonesia Muda (2009 – 2018). Saat ini, Ivan aktif terlibat sebagai salah satu pendiri asosiasi Semua Murid Semua Guru (SMSG) bersama Najelaa Shihab.

Saat ini, Ivan fokus membangun berbagai portfolio kolaborasi antara masyarakat, swasta dan pemerintah untuk misi peningkatan kualitas hidup manusia yang lebih baik. Hal ini dicapai dengan strategi utama melakukan penguatan ekosistem di 3 area: kepemimpinan, pendidikan, dan sosial. Untuk mewujudkan misinya, beberapa jabatan profesional yang digeluti saat ini adalah Advisor di Dampak Sosial Indonesia dan Maxima, Founder Pemimpin.id, Deputi Direktur di Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan dan Koordinaor Utama Sekretariat Jaringan SMSG.